KEISTIMEWAAN JABAL UHUD BAGI UMAT MUSLIM YANG BERHAJI / UMRAH




Jabal Uhud ini merupakan salah satu gunung yang mempunyai keistimewaan. oleh karena itu setiap jamaah Haji / Umrah pasti melakukan kunjungan ke Jabal Uhud yang terletak di Kota Suci Madinah. kenapa Jabal Uhud Istimewa?

ada beberapa alasan yang membuat Jabal Uhud itu istimewa:
1. Jabal Uhud ini adalah salah satu gunung yang kelak akan ada di Surga. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : 'Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga'," demikian hadis yang diriwayatkan HR Bukhari.

2. Di Jabal Uhud ini pernah terjadi pertempuran antara kaum muslim dan Kaum murikin yang menewaskan sekitar 70 orang pasukan Rasulullah. termasuk paman Rasulullah SAW yang bernama Hamzah Bin Abdul Muthalib. 

karena banyaknya sabahat Rasul dan Paman Rasul wafat dalam perang uhud ini, Rasulullah selalu melakukan Ziarah ke Uhud setiap tahun. Hal inilah yang dijadikan sejarah yang penting bagi umat Muslim sampai saat ini.

Kisah Tentang Hindun (pemakan Jantung Hamzah)


Kisah wafatnya Hamzah ini tidak terlepas dari seorang wanita Qurais yang pemberani dan Ambisius yang bernama Hindun. Kisah Hindun ini sangat terkenal karena beliau adalah wanita yang telah memakan hati Hamzah (Paman Rasulullah). Hal itu dilakukan Hindun karena kebencian dan dendam terhadap Rasulullah yang dia anggap sebagai pembunuh dari Ayah dan Paman yang sangat dia sayangi. wanita Qurais yang ambisius dan pemberani ini kemudian memeluk ISLAM dan menjadi sosok wanita yang yang memiliki sifat yang luhur. Beliau adalah wanita yang fasih bicaranya, pemberani, kuat dan berjiwa besar, pemikir, penyair, dan bijak. Beliau telah mengangkat kemuliaan dirinya dan nasabnya

Kisah Kebencian Hindun yang sangat mendalam kepada Rasulullah yang berubah menjadi Cinta yang luar Biasa kepada Rasulullah dan ISLAM ini adalah salah satu kisah yang fenomenal dalam Islam. Itulah yang disebut dengan Hidayah Allah SWT yang sangat luas untuk semua umat manusia. Allah lah yang membolak balikkan hati manusia dengan KUASANYA. Dari benci menjadi cinta ataupun sebaliknya dari cinta menjadi benci.Boleh jadi sesuatu yang kau benci itu sebenarnya lebih baik untukmu, dan sebaliknya sesuatu yang kau cintai itu tidak baik bagimu. Allah lah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hambaNya.

Kisah Taubatnya Hindun


Hindun adalah wanita Quraisy yang bernama lengkap Hindun binti Uthbah bin Robi’ah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf al-Umawiyah al-Qurasyiyah. Sebelum memeluk Islam, Hindun terkenal sebagai sosok wanita yang Cerdas, pemberani dan ambisius. Dan setelah masuk Islam Hindun dikenal sebagai wanita yang memiliki akhlak luhur, fasih dalam berbicara, pemikir, penyair, pemberani, kuat, dan berjiwa besar.

Kisahnya berawal dari Kemenangan besar yang diraih oleh Rasulullah dalam menaklukkan Kota Mekah yang disebut dengan Futuh Mekah. Kemenangan itu diraih kaum Muslimin di bulan Ramadhan. Penduduk Makkah pun berbondong-bondong berbaiat kepada Rasulullah SAW. Setelah membaiat kaum laki-laki, Rasulullah SAW kemudian membaiat kaum wanita. Di antara wanita-wanita yang berbaiat kepadanya adalah Hindun. Setelah menjadi Muslimah yang ahli ibadah; rajin shalat malam dan berpuasa. Ia sangat konsisten dengan status barunya tersebut sampai tiba saat yang membawa kegelapan bagi seluruh bumi ini, yaitu wafatnya Rasulullah SAW.

Hindun sangat terpukul, hatinya nyaris hancur, karena merasa terlalu lama dirinya memusuhi Rasulullah dan baru saja bisa menerima Islam. Namun demikian, ia tetap mempertahankan keislamannya dengan baik. Ia tetap menjadi seorang ahli ibadah dan menjaga janji setia yang pernah diucapkannya di hadapan Rasulullah.


Sebagai bukti kecintaannya kepada Alloh SWT dan Rasulullah, Hindun memegang peranan penting dalam perang YARMUK. Pada perang Yarmuk, Hindun memberikan Semangat kepada suami dan seluruh pasukan Muslim untuk terus berperang membela Islam sampai titik darah penghabisan, seolah Dia ingin mengobarkan semangat yang besar seperti dikala Dia melawan pasukan Rasulullah saat Perang Uhud. Itulah sosok Hindun yang sangat pemberani.

3. Semoga dengan kita mengunjungi / berziarah di jabal Uhud membuat kita semua mengenang jasa - jasa kaum muslimin dalam memperjuangkan Agama Islam. dan semoga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR