KUMPULAN DOA-DOA PARA NABI DAN RASUL YANG MUSTAJAB DAN TERKENAL

Setiap Nabi pasti mempunyai doa Khusus sebagai ungkapan hatinya kepada penciptanya yaitu Allah SWT. Nah disini, saya ingin menulis doa - doa yang populer ketika para Nabi memperoleh ujian yang berat yang melampau batasan kemampuan logika manusia pada umumnya.

**) Doa ketika Nabi Adam bertaubat kepada Allah karena berdosa melanggar perintah Allah SWT. karena Dosa tersebut Allah SWT menghukum Nabi Adam untuk turun kebumi dan dipisahkan dengan Hawa selama 500 tahun lamanya. dalam perpisahannya inilah nabi Adam bertaubat dan meminta ampun kepada Allah SWT. Buah dari doa, kesungguhan bertaubat, keikhlasan dan kesabaran akhirnya nabi Adam dipertemukan kembali dengan Hawa setelah berpisah selama 500 tahun, subhanallah.

"Wahai Tuhanku, Kami telah mendzalimi diri kami sendiri. jika Engkau tidak mengampuni kami, dan Merahmati kami, tentulah Kami termasuk orang yang rugi.

**) Doa ketika Nabi Ayub diuji dengan penyakit kusta selama 20 tahun

menurut cerita sejarah Islam, Nabi Ayub adalah nabi yang gagah dan tampan, mempunyai banyak jamaah, mempunyai peternakan yang paling besar di wilayahnya, mempunyai 12 anak laki - laki yang tampan nan gagah, mempunyai istri yang cantik dan diberkahi dengan banyak kemuliaan. suatu ketika nabi Ayub mendapat cobaan dari Allah SWT yaitu mengambil semua kenikmatan dan kemuliaan yang dia miliki. dalam waktu yang singkat, Nabi Ayub kehilangan semuanya. 12 anaknya meninggal pada hari yang sama tanpa sebab apapun (tidak sakit apapun), peternakannya musnah karena suatu hama penyakit, beliau sendiri terkena penyakit Kusta yang membuatnya dijauhi oleh jamaahnya. 

Tidak tanggung - tangguh ketika Allah SWT menghendaki segala sesuatu terjadi pada hambaNya termasuk NabiNya, Jadilah maka Terjadilah. selama 20 Tahun Nabi Ayub menderita penyakit Kusta, kehilangan anak, harta benda dan juga jamaah. Yang masih setia mendampingi Nabi Ayub adalah istrinya. Nabi Ayub tetap bersabar dan ikhlas dengan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya. sampai suatu ketika, istrinya memberi saran kepada Nabi Ayub untuk berdoa meminta kesembuhan atas penyakitnya. 

"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang diantara semua yang penyayang"

kemudian, Allah menjawab dan mengabulkan doa Nabi Ayub dan diabadikan dalam Al Qur'an :
Maka kami pun memperkenankan doanya, lalu Kami lenyapkan penyakitnya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan kami lipatgandakan bilangan mereka, sebagai suatu Rahmat dari Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah. (QS. Al Anbiya (21):84)

**) Doa Nabi Ibrahim AS yang mana beliau adalah Bapak dari para Nabi karena sebagian besar keturunan Ibrahim AS Adalah para Nabi utusan Allah SWT.


Sejarah tentang Nabi Ibrahim AS ini sangat populer bagi umat Muslim di seluruh dunia. Karena Beliau lah yang membuat sejarah di Kota Mekah yang mana Mekah adalah Kota Suci yang menjadi pusat Ibadah umat Muslim seluruh dunia. ditambah lagi tentang kisah tentang penyembelihan Nabi Ismail yang merupakan anak dari Nabi Ibrahim yang kemudian diabadikan sampai sekarang menjadi "hari raya Qurban". peristiwa Siti Hajar (istri Nabi Ibrahim) mencari air minum untuk anak mereka (Nabi Ismail ) diabadikan sampai sekarang menjadi Ibadah sa'i dan juga sejarah tentang air Zamzam oleh Nabi Ismail (Anak nabi Ibrahim dan siti Hajar). semua sejarah Populer tentang kota Mekah dimulai dari Nabi Ibrahim dan diabadaikan sampai sekarang.

tentunya banyak sekali doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim, tetapi disini saya hanya menulis beberapa doa yang menurut saya sangat menyentuh dan sangat bagus. diantara doa - doa nabi Ibrahim adalah ketika beliau harus membawa Siti Hajar dan Ismail ke sebuah tanah yang gersang dan juga kering setelah Siti Hajar melahirkan. Tanah gersang dan kering itu adalah kota Mekah yang kemudian menjadi pusat peradaban Kota Suci Mekah.


"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit. Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa. Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”


**) Doa ketika Nabi Musa membelah lau merah sebagai bukti nyata kekuasaan Allah SWT.
Nabi Musa adalah salah satu nabi yang diberi Mukjizat berupa tongkat yang bisa menjadi ular dan juga tangan yang bisa bercahaya untuk melawan Fir'aun. cerita tentang tongkat Nabi Musa saat membelah laut Merah ini sangat populer bagi kamu Yahudi dan juga umat Islam di seluruh dunia. 

ketika Fir'aun mengejar nabi Musa untuk dibunuh, Kaum Nabi Musa merasa takut karena mereka menemui jalan buntu, di depan mereka adalah laut merah yang sangat dalam dan luas, sementara tak ada jalan jalan untuk menyelamatkan diri dari Fir'aun dan pasukannya kecuali menyeberangi Laut merah tersebut. untuk menghentikan kegelisahan dan ketakutan umatnya Nabi Musa berkata "Janganlah kalian cemas, Perjalanan kita ini telah di Ridhoi oleh Alloh SWT, Dialah yang memberi jalan untuk menyelamatkan kita dari kejaran Fir'aun". 

Disaat yang genting itu, Nabi Musa memperoleh wahyu melalui Malaikat Jibril untuk memukulkan tongkatnya ke laut. seketika itu laut terbelah dan memberi jalan bagi Nabi Musa dan Umatnya untuk menyelamatkan diri dari Fir'aun. sungguh ini adalah Kekuasaan Allah yang Nyata untuk dijadikan sebuah pelajaran bagi kita semua. 

Doa Nabi Musa As ketika memukulkan Tongkatnya ke laut adalah "Ya Alloh segala puji bagiMU, Kami berkeluh kesah, Engkaulah tempat kami meminta pertolongan, tiada daya serta kekuatan kecuali dengan pertolonganMU yang Maha Tinggi dan Maha Agung.


**) Doa Nabi Sulaiman yang merupakan Nabi paling Kaya dimuka bumi. 
Nabi sulaiman adalah Nabi yang diberi mukjizat bisa bicara dengan binatang dan juga mempunyai kerajaan yang besar dan kekayaan yang tak tertandingi oleh siapapun dimuka bumi ini.

"Ya Tuhan ampunilah segala apa yang telah aku lakukan, dan berikanlah kepadaku kerajaan yang tak dimiliki oleh seseorangpun sesudahku. sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi lagi Banyak KaruniaNya.




**) Doa Nabi Yusuf ketika beliau berada dititik terendah dan juga saat beliau dilimpahi kemuliaan dan kejayaan oleh Alloh SWT.

Nabi Yusuf adalah salah satu nabi yang mempunyai wajah yang rupawan. tetapi karena ketempanan dan akhlak yang baik itu membawa petaka untuknya. Nabi Yusuf dibenci oleh saudara - sadaranya karena merasa iri, ayahnya lebih menyayangi Yusuf daripada anaknya yang lain. karena rasa benci dan iri tersebut saudara - saudaranya memasukkan Yusuf ke dalam sumur. 

cobaan demi cobaan dilalui Yusuf dengan penuh kesabaran. bahkan karena ketampanan Yusuf, istri raja mesir terpikat dengan pesona Yusuf dan menggoda Yusuf untuk berzina dengan nya. Iman yang kuat dan Akhlak yang mulia, Yusuf menolak ajakan istri Raja tersebut, sehingga dia difitnah dan dimasukkan penjara.

Doa Nabi Yusuf saat berada di penjara :"Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku Termasuk orang-orang yang bodoh.”

siapa sangka jika kesialan Yusuf tersebut akan mengantarkan Yusuf menjadi Raja di kerajaan Mesir. semua yang terjadi pada Yusuf adalah karna Kehendak Alloh SWT, DIA lah yang mengatur segalanya. 

Berikut adalah Doa Yusuf ketika beliau mendapatkan kejayaan dan kemuliaan :'
“Ya Tuhanku, sebenarnya Engkau sudah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan serta sudah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit serta bumi. Engkaulah Pelindungku didunia serta di akhirat, meninggal duniakanlah saya dalam kondisi Islam serta gabungkan saya dengan beberapa orang yang saleh. ” (QS Yusuf : 101)
Lagi-lagi Nabi Yusuf mengatakan “Robbiy.. ”. Bukanlah mengatakan kehebatan dianya, namun mengagungkan Allah, mengatakan nikmat-nikmat Allah, lalu memohon husnul khatimah”

**) Doa Nabi Muhammad ketika beliau di ludahi dan dilempari batu oleh kaum Thaif hingga tubuh beliau berlumpuran darah.


"Duhai Alloh Tuhanku, hanya kepadaMu lah aku adukan kelemahan diriku, terbatasnya usahaku, dan hinanya diriku dihadapan manusia.
Duhai Alloh Dzat yang maha pengasih dari semua yang berjiwa kasih, sesungguhnya engkau Maha Pengasih dari semua yang berjiwa kasih. kepada siapa akan Engkau serahkan diriku ini? kepada musuh yang menerimaku dengan muka masam atau kepada orang dekat yang Engkau beri kekuasaan untuk mengalahkanku.
Ya Alloh, selama Engkau tidak murka kepadaku, maka itu tidak menjadi masalah dan aku tidak peduli dengan semua itu. hanya saja KesejahteraanMU lebih terasa lapang bagiku.
Ya Alloh, aku berlindung dengan cahaya wajahMU yang menerangi semua kegelapan, dan berkat cahaya itu semua urusan dunia dan akhirat menjadi baik. aku Mohon agar sekiranya Engkau tidak menimpakan amarahMU kepadaku atau menempatkan kemurkaanMU kepadaku.

Doa lain dari Muhammad SAW ketika beliau ditagih oleh seorang rentiner " Ya Allah lindungilah aku dan keluargaku dari kemiskina, kekufuran, kemalasan dan jeratan hutang."


semoga doa - doa para Nabi diatas bisa menjadi pelajaran dan teladan yang bisa kita amalkan saat kita di uji dengan kesedihan, kemalangan, kesenangan maupun kemuliaan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

BUKU FILOSOFI JAWA : "URIP IKU URUP"