MENGENAL BISNIS MLM DENGAN LEBIH BAIK

Berbagai anggapan dan cerita - cerita negatif tentang bisnis berbasis MLM masih berkembang dimasyarakat sampai sekarang. padahal bisnis berbasis MLM ini sudah ada sejak saya masih kuliah dulu tahun 2018, bahkan sebelumnya sudah mulai marak di Indonesia. Ada beberapa kakak kelasku yang join dengan bisnis MLM tersebut dan kemudian mengajak teman yang lain termasuk saya waktu itu. sebagai anak daerah yang masih baru di Kota saya tergolong lugu sehingga hampir terhanyut dengan tawaran kakak kelas saya untuk join MLM. Saya masih ingat waktu itu MLM yang populer adalah Amway dan Tiyanshi. sebenarnya banyak jenisnya tapi yang saya kenal waktu itu hanya Amway dan Tiyansi. keduanya menawarkan produk yang sama yaitu produk kesehatan dan suplemen herbal.

Menurut saya banyak cerita yang asyik dan menarik sebenarnya di bisnis MLM ini. waktu itu saya selalu ikut ke berbagai seminar yang diajak oleh kakak kelasku. meskipun pada akhirnya, saya tidak ikut gabung karena tidak punya modal. maklum anak mahasiswa baru yang ngekost dan juga uang saku terbatas. Berbagai seminar MLM saya ikuti dengan harapan saya menemukan keyakinan untuk sukses disitu. Memang betul, banyak hal yang saya pelajari setelah saya ikut berbagai seminar Tiyanshi dan Amway. Jiwa semangat, ulet, pantang menyerah, kerja Tim, positive thinking, ilmu relationship, negosiasi dan juga ilmu pemasaran. itu semua sangat menarik dan ilmu mahal bagiku saat itu. artinya bahwa dibalik isu negatif tentang MLM di masyarakat, banyak juga sisi positifnya. 

Saya melihat dari 2008 sampai 2011 semakin banyak bisnis berbasis MLM yang berkembang di Indonesia. meskipun dulu saya tidak gabung di amway maupun tiyanshi tapi saya masih penasaran dengan bisnis berbasis MLM. 

Tahun 2011 saya semakin paham tentang apa itu sebenarnya bisnis MLM setelah saya memutuskan gabung dengan salah satu bisnis MLM milik ustadz Kondang Indonesia yaitu Ustadz Yusuf Mansur. Tahun 2011 saya join dengan bisnis Miracle milik ustadz Yusuf Mansur. nah di Miracle saya belajar lebih banyak dan mendalam tentang MLM. Saya memahami betul bahw MLM miracle ini sangat berbeda dengan MLM lainnya, selain mengajak kebaikan juga menambah wawasan tentang ilmu marketing, ilmu relatiionship dan juga ilmu agama. 

Saya melihat, setelah Join dengan MLM Miracle Ustadz Yusuf Mansur saya merasakan wujud nyata dari bisnis MLM. Tidak hanya mengajarkan kita bermimpi tapi juga bagaimana caranya mengejar mimpi itu lewat ikhtiar langit dan ikhtiar bumi. Ikhtiar langit yaitu lewat doa kepada pemilik kehidupan Allah SWT dan sedekah, sedangkan ikhtiar bumi yaitu lewat usaha nyata, kerja keras dan pantang menyerah.

Masih penasaran dengan apa itu sebenarnya bisnis berbasis MLM
Sebuah gambaran umum tentang MLM dalah :
* menawarkan sebuah mimpi yang besar, kebebasan finansial dan kebebasan waktu
* lekat dengan presentasi dan produk yang mahal
* sebuah kesuksesan yang diimplementasikan dengan kepemilikan rumah, mobil dan jalan - jalan keluar negri.




sebuah gambaran yang kayaknya mustahil, tapi semua akan menjadi sebuah kenyatan asal kita mau kerja keras dan pantang menyerah.

Rasa penesaran teman - teman, mungkin sama dengan penasaran saya waktu itu. semakin penasaran semakin banyak saya membaca tentang buku MLM. Kebetulan juga waktu itu suami saya menulis tesis tentang MLM dan suami meminta saya membantu penulisan tesis tersebut. Saat penulisan tesis tersebut saya banyak sekali membaca dan belajar tentang MLM. Beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil tentang MLM adalah sebagai berikut :
MLM adalah sebuah sistem pemasaran yang ada standart dan tingkatannya. 

* MLM adalah sebuah sitem pemasaran saja tidak ada unsur money game dimana upline akan selalu lebih kaya daripada downline. (upline adalah orang yang merekrut, downline adalah orang yang direkrut). Dalam MLM siapa yang rajin menjual (rajin closing) dialah yang akan berpenghasilan lebih tinggi, meskipun kadang upline juga memperoleh share. tetapi presentasi share upline tidak lebih besar dari downline yang menclosing.

menurut saya ini adil, dalam Agama Islam juga ada sistem seperti itu yaitu share pahala. Barang siapa yang mengajak kebaikan kepada seseorang maka dia akan memperoleh pahala juga jika seseorang yang diajaknya melaksanakan ajakan kebaikan tersebut, begitu juga berbuatan kejahatan.

* MLM seperti halnya saat kita merekomendasikan sebuah produk kepada teman, kemudian teman tersebut membeli produk tersebut. kita dapat bonus dari pemilik produk sebagai tanda terimakasih telah merekomendasikan produknya kepada teman. kita yang merekomendasikan dapat bonus, pemilik produk mendapat keuntungan karena barangnya laku terjual, dan teman kita memperoleh barang yang dia butuhkan. kalau begitu semua pihak diuntungkan dan memperoleh manfaatnya.

* MLM ini sama saja dengan mengalihkan biaya pemasaran kepada anggota MLM. Makanya kita tidak pernah melihat produk MLM ditanyangkan / di iklankan di TV. Hal itu karena produsen sudah memilih media promosinya lewat anggota yang terbentung dalam grup MLM tersebut. 

sampai sini sudah paham ya dengan penjelasan saya diatas tentang paradigma MLM yang berkembang di masyarakat. setidaknya dengan penjelasan diatas kita lebih membuka diri terhadap produk MLM. tidak semua produk MLM negatif, banyak yang bagus. Jika memang produknya bagus, bagi hasil / komisinya jelas dan adil tidak ada salahnya kita mengambil peluang / kesempatan tersebut. Join menjadi salah satu anggota MLM yang menurut kita bagus, nikmati prosesnya sambil belajar dan capailah kesuksesan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

BUKU FILOSOFI JAWA : "URIP IKU URUP"