ASAL USUL MINYAK BULUS

Minyak bulus adalah minyak yang berasal dari tubuh kura - kura atau penyu air tawar yang diolah secara tradisional yaitu memanaskan tubuh penyu dibawah terik sinar matahari sehingga menghasilkan minyak.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa minyak bulus mempunyai banyak khasiat terutama untuk mengencangkan kulit dan payudara. Hal ini dikarenakan penyu mempunyai usia yang panjang dan memiliki kulit (cangkang) yang kuat. itulah salah satu alasan kenapa minyak bulus dipercaya bisa mengencangkan kulit yang kendor.

apakah ada bukti secara empiris tentang hubungan cangkang / kulit bulus yang kuat dengan peremajaan kulit pada manusia jika minyak bulus tersebut diaplikasikan di kulit manusia?
belum ada penelitian yang membuktikan tentang hubungan keduanya, akan tetapi yang jelas kulit canggung bulus mengandung protein, magnesium dan vitamin. Nah kemungkinan kandungan vitamin dan protein itulah yang bisa memperbaiki struktur / jaringan kulit pada manusia.

meskipun penelitian tentang manfaat minyak bulus belum terbukti secara benar, masyarakat masih menyakini bahwa minyak bulus mempunyai segudang manfaat. tidak hanya untuk mengencangkan kulit dan payudara, tetapi juga ada banyak manfaat lainnya, diantaranya :
* dengan pemakaian teratur, minyak bulus dapat membantu menghaluskan kulit wajah
* menghilangkan bekas luka
* menghilangkan selulit, strecmark sehabis melahirkan
* menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat
* menghilangkan flek hitam diwajah
* membantu mengurangi kerutan di wajah karena faktor usia dan juga radikal bebas
* mengobati penyakit kulit : gatal - gatal, panu, kutu air, borok, kudis, exim
* membantu mengobati tumit yang pecah - pecah di musim kemarau / kering.

itulah beberapa manfaat dari minyak bulus yang sampai saat ini masih sangat diyakini oleh masyarakat. karena keyakinan itulah sekarang banyak kita jumpai minyak bulus di apotek dan toko obat. biasanya tersedia dalam kemasarn kecil. 

ciri - ciri minyak bulus asli :
* berbau  amis / anyir
* terdapat endapan putih dibagian bawah, maka dari itu sebaiknya dikocok dulu sebelum memakai
* warna agak kekuningan.

untuk menghilangkan bau amis, biasanya minyak bulus dicampur dengan rempah dan juga minyak zaitun. campuran tersebut tidak mengurangi khasiat dari minyak bulus, bahkan perpaduan dengan minyak zaitun lebih menyempurnakan manfaat dari minyak bulus, karena minyak zaitun juga mempunyai manfaat yang tak kalah dengan minyak bulus. apa saja manfaat minyak zaitun? bisa dibaca di tulisan aku sebelumnya, atau setelah ini saya tulis kembali tentang manfaat minyak zaitun yang lebih lengkap.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR