HIJRAH WANITA MUSLIMAH

Ada kalanya aku terdiam, bukan karena aku tidak bisa melakukan apa - apa. Tetapi aku diam untuk memikirkan segala sesuatu secara baik dan tepat. 
beberapa saat yang lalu saya juga memikirkan tentang fenomena berhijab yang sangat trend di kalangan muslimah Indonesia. mereka menganggap saat mereka memutuskan untuk berhijab mereka telah berhijrah. banyak juga artis indonesia yang memutuskan berhijab dan mendeklarasikan dirinya telah berhijrah.

APA ITU HIJRAH BAGI WANITA MUSLIMAH?
aku mendengar istilah Hijrah itu ketika Nabi Muhammad SAW Meninggalkan Mekah menuju Madinah demi untuk melindungi diri supaya Beliau bisa menyebarkan Islam dengan Baik dan lancar di Madinah. 
Nah ada 3 unsur penting dalam Hijrah :
1. Niat yang baik untuk mengharap Ridho Allah SWT (Berada Dijalan Allah SWT)
2. Meninggalkan sesuatu yang dianggap kurang baik
3. Menuju sesuatu yang dianggap lebih baik


Nah mengenai Trend Hijab tersebut bisa dikategorikan Hijrah tatkala memenuhi 3 kriteria diatas. kalau hanya mengikuti trend tanpa ada niat khusus untuk memenuhi syariat Islam (menutup Aurat) menurut saya belum bisa dikatakan Berhijrah. 

Nah menurut Hemat saya, Hijrah wanita muslimah itu, saya kategorikan menjadi 2 saja :
1. HIJRAH LAHIRIAH  meliputi : PENAMPILAN, UCAPAN, danPERBUATAN
Hijrah LAHIRIAH ini masuk dalam kategori Hijrah yang dapat dilihat oleh mata dan dirasakan langsung. 

PENAMPILAN  : yang dulunya belum menutup aurat kemudian berniat karena Allah SWT menutupi auratnya dengan cara Berjilbab dan berpakaian sesuai dengan identitas wanita muslimah.

UCAPAN : Menahan diri dari ucapan - ucapan yang culas, melukai orang lain, menyinggung orang lain dan ucapan - ucapan buruk yang mengundang kebencian dan permusuhan. mengganti dengan ucapan - ucapan yang sopan, lembut yang membawa kedamaian dan kebaikan.

PERBUATAN : Menahan diri dan menjauhkan dari dari perbuatan yang sia-sia / tidak bermanfaat, perbuatan yang melanggar aturan Allah SWT. Kemudian menggantinya dengan perbuatan yang positif dan memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. contoh : Ringan tangan membantu orang yang membutuhkan, menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala laranganNYA. 

2. HIJRAH BATINIAH  meliputi : HATI dan PIKIRAN
Hijrah BATINIAH ini yang tak terlihat oleh mata, hanya Diri Sendiri dan Allah SWT yang mengetahui. Hijrah Batiniah ini meninggalkan hati dan pikiran yang ketor menuju hati dan pikiran yang bersih karena Allah SWT.
maka dari itu bersihkan Hati dari penyakit - penyakit Hati : Iri hati, dengki, hasud, dan Riya. Jauhkan pula dari pikiran kotor seperti Buruk sangka kepada Orang lain dan Buruk Sangka Kepada Allah SWT.

itu tadi gambaran Hirah secara Lahiriah dan Batiniah. Supaya konsisten dalam berhijrah ada tips yang harus dikerjakan :
1. melakukan Hijrah hanya karena Allah SWT. Jika kita sudah niat Karena Allah, InsyaAllah akan merasa selalu diawasi. Tapi Jika niat Hijrah bukan karena Allah SWT akan merasa cepat lelah dan bosen dan akhirnya akan kembali pada lubang keburukan.

2. Selalu mendekat kepada orang, teman, atau kelompok orang dan lingkungan yang satu visi misi menuju segala sesuatu yang lebih baik dan Indah.

begitulah Hijrah wanita Muslimah menurut saya, semoga bermanfaat dan Insyaallah saya akan share tulisan - tulisan lain yang bermanfaat.Aamiin...


Penulis : Indah Novita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR