PERCAYALAH SEMUA PRODUK ADA REJEKINYA

Setelah terjun total di dunia bisnis saya merasakan jika bisnis itu sebuah seni. seni dalam berfikir, seni dalam berimajinasi, seni dalam berkreasi, seni dalam berinovasi, seni menjual dan juga seni mempertahankan konsumen. Dalam bisnis, saya dituntut untuk selalu memikirkan bisnis yang sedang aku tekuni supaya bisnis tersebut tetap eksis ditengah persaingan pasar yang begitu ketat. 

Membuka bisnis itu mudah, yang susah adalah saat mempertahankan bisnis tersebut supaya eksis, selalu tumbuh dan memimpin pasar. Apalagi saat bisnis lesu / tidak bekembang, kira - kira akan tetap bertahan, sementara modal sudah habis? atau menutup bisnis tersebut dan pindah haluan yang juga membutuhkan modal barumemang susah mengambil langkah yang tepat pada saat kondisi bisnis sedang lesu / diambang kebangkrutan. Bagi yang punya modal berlebih kondisi tersebut masih bisa diselamatkan dan bisnis akan tetap bertahan. tetapi kondisi tersebut akan menjadi masalah saat modal terbatas.

Perlu diingat bahwa resiko terburuk dalam bisnis adalah bangkrut, dan prestasi terbaik dalam bisnis adalah eksis, berkembang dan memimpin pasar. Nah salah satu cara untuk bisa eksis, semua bisnis harus meningkatkan penjualan. selama masih ada penjualan berarti produk masih diterima dan diperlukan oleh pasar. 

percaya enggak percaya bisnis itu seperti halnya manusia, perlu dirawat dan diperhatikan. jika dirawat dan diperhatikan, bisnis juga akan memberikan yang terbaik untuk kita. ini berdasarkan pengalaman saya saat mengelola bisnis UMKM milik saya sendiri yaitu Toko herbal dan oleh - oleh haji Umroh. awal kali saya membuka toko dengan modal kurang lebih 100 juta tapi tak satupun ada pengunjung selama 1 bulan. kemudian atas saran suami saya menggunakan jasa iklan radio lokal dimana saya harus membayar biaya promosi 1 juta / bulan. selama 3 bulan kedepan kondisi masih tetap sama tak ada pengunjung (tak ada penjualan) sementara biaya iklan dan biaya operasional tetap jalan. walaupun kondidi minus selama 4 bulan saya tetap bertahan dengan harapan bulan kelima sudah ada penjualan. 

Ternyata benar, di bulan kelima sudah mulai ada pengunjung 3 s/d 5 orang perhari. saya merasa senang sekali walaupun kadang pengunjung tidak melakukan pembelian dan tentunya belum bisa menutup biaya iklan dan biaya operasional yang saya keluarkan. saya masih tetap bertahan dan semakin yakin bahwa Toko saya kedepan akan dikenal oleh banyak orang. dengan keyakinan dan kerja keras yang saya lakukan, kondisi toko semakin membaik, pengunjung semakin bertambah, dan penjualan semakin meningkat. dengan kondisi yang terus tumbuh dan berkembang ini, saya semakin nekat untuk menggelontorkan dana 100 juta lagi untuk melengkapi produk saya. sedikit was - was jika barang tersebut tidak laku berarti saya akan gagal dan bangkrut. tetapi kekawatiran saya berlahan menghilang saat melihat pengunjung semakin banyak, penjualan meningkat dan berdatangan agen - agen baru yang membantu promosi saya. 

di tahun kedua dan ketiga saya sudah bisa tersenyum. saya semakin yakin untuk membesarkan toko dan menjadikannya yang paling lengkap karena saya percaya bahwa semua produk yang saya jual sudah ada rejekinya. kepercayaan dan keyakinan ini tidak muncul begitu saja tetapi ada analisanya. saat produk di toko saya banyak, saya semakin termotivasi untuk segera menjual produk tersebut supaya modal saya bisa segera kembali. Nah dengan semangat tersebut akhirnya muncul ide - ide strategi pemasaran baru yang sangat membantu untuk meningkatkan penjualan. dan Alhamdulillah sampai saat ini, apapun yang saya sediakan di toko selalu ada konsumen yang membutuhkannya. 

selalu semangat dan fokus
salam sukses
indahnovita.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

BUKU FILOSOFI JAWA : "URIP IKU URUP"