GANTI KARYAWAN SUDAH BIASA

Dalam sebuah bisnis karyawan adalah salah satu aset berharga. untuk bisnis sekelas UMKM seperti yang kami kelola selama ini, kami merasa karyawan mempunyai peran penting terhadap tingkat penjualan. bisa dikatakan karyawan adalah wakil dari bisnis UMKM kami. kenapa karyawan sangat penting bagi kami?
1. karyawanlah yang berinteraksi langsung dengan konsumen, sehingga apa yang dia katakan / apa yang dia rekomendasikan akan didengar dan menjadi acuan bagi konsumen.
2. Karyawanlah yang membantu iklan / promosi bisnis saya secara online maupun offline, walaupun konsep secara global kami yang membuat tetapi karyawanlah yang mengaplikasikan secara langsung lewat kata - kata dan tulisan mereka di media sosial.
3. karyawanlah yang ikut merawat, menjaga dan ikut bertanggung jawab terhadap perkembangan bisnis UMKM kami selama ini. karena kami menerapkan share bagi hasil kepada karyawan. dengan bagi hasil ini, karyawan lebih terpacu untuk memajukan bisnis kami dan terpacu untuk meningkatkan penjualan.

Karena sebegitu besar peranan karyawan bagi kami makanya kami serius dan total memberikan bimbingan kepada karyawan berupa product knowledge (pengetahuan produk), cara pelayanan konsumen yang baik, cara menghadapi komplain, dan termasuk bahasa promosi / iklan. untuk karyawan yang menangani bisnis online (http://www.herbalampuh.com/) dan (http://obatpascaoperasi.com/) kami menambah ilmu editing gambar dan juga promosi secara online.

Product knowledge menjadi salah satu bagian yang sangat penting dan saya wajibkan bagi karyawan untuk paham betul tentang produk yang kami jual. hal ini kami lakukan karena kami menjual produk kesehatan (obat herbal) sehingga ketepatan produk untuk konsumen menjadi hal yang sangat penting.

selama 3 tahun UMKM obat herbal ini berjalan, sudah melakukan ganti karyawan sebanyak 6 kali. kami merasa gonta - gonta karyawan itu sudah biasa untuk mendapatkan karyawan yang terbaik. selama ini kami menerapkan sistem kontrak dengan karyawan, jika kinerjanya cocok dengan kami maka akan kami perpanjang, jika tidak cocok maka kontrak selesai. 

jika kami mempertahankan karyawan yang tidak bisa memberikan pengaruh baik kepada bisnis kami sama saja dengan pemborosan dan pembodohan bisnis. maka dari itu solusi terbaik adalah dengan sistem kontrak dengan tujuan untuk seleksi karyawan yang terbaik. Karyawan yang baik adalah karyawan yang total bekerja dan ikut andil mengembangkan usaha. untuk karyawan yang terbaik dia akan memperoleh gaji besar dan menjabat sebagai supervisor. gaji yang kami berikan sesuai dengan kinerjanya dan sangat terbuka kepada semua karyawan. kami juga menetapkan target penjualan tiap bulan, jika target terpenuhi kami akan memberikan reward / bonus berupa liburan gratis selama 2 hari / berupa uang tunai. 

itulah sistem keadilan dalam mengelola bisnis dan mengelola karyawan. kami selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan kinerja karyawan. semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat khususnya bagi pebisnis pemula yang biasanya masih bingung dan dilema dalam mengelola bisnis dan karyawan. selalu semangat ya...

Salam sukses
indahnovita.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR