BUKU FILOSOFI JAWA : "URIP IKU URUP"

Sering aku mendengar istilah "Urip iku Urup" dari status teman - teman. dari kalimat yang singkat itu ternyata menyimpan banyak sekali makna untuk kehidupan. sekilas kita sudah bisa menebak apa  makna yang tersirat dalam kalimat tersebut. Kata orang jawa hidup adalah Urip dan menyala adalah urup. berarti kalimat "urip iku urup" kalau diterjemahkan dalam bahasa indonesia "Hidup itu adalah menyala". Jika diteruskan maka artinya seperti ini :" Hidup itu adalah menyala, menyala itu artinya memberikan cahaya / penerangan untuk lingkungan sekitar".

merasa sangat tertarik dengan kalimat "Urip itu Urup" akhirnya saya mencari tahu apa sebenarnya pesan yang hendak disampaikan dalam kalimat singkat tersebut. sebagai orang jawa, saya merasa harus paham dengan filosofi - filosofi jawa, salah satunya adalah filosofi "Urip iku Urup".

Dalam bukunya Asti Musman yang berjudul 10 Folosofi hidup orang Jawa dibahas tentang makna kalimat Urip Iku Urup yang kurang lebih mempunyai makna sebagai berikut :
Urip iku Urup mengandung dua makna. makna yang pertama Urip iku (hidup itu), Urup berarti memberi. Artinya bahwa manusia layak untuk hidup karena bisa memberi dan bukan meminta. makna yang kedua adalah urip iku (Hidup itu), Urup berarti menyala. Artinya bahwa manusia layak hidup karena bisa memberi cahaya yang menerangi kehidupan sesama manusia. dari kedua arti diatas kemudian disimpulkan bahwa dalam kehidupan manusia hendaklah memberi manfaat bagi orang - orang disekitarnya. atau dalam arti kata manusia hidup harus berguna untuk sesamanya.

Apa itu Hidup?
Manusia hidup berarti masih bergerak, kalau dalam bahasa jawa "wong urip kuwi obah, nek gak obah berarti mati". manusia yang bergerak berarti bekerja / menghasilkan karya seperti halnya tumbuhan menghasilkan buah atau binatang yang bergerak untuk bekerja dan memberi manfaat untuk manusia. 

Agar hidup itu bermanfaat untuk orang lain manusia harus menghasilkan karya dan menjalankan perannya untuk memenuhi kewajibannya sebagai manusia di muka bumi ini. kewajiban apa yang harus dipenuhi? kewajiban kepada diri sendiri, kewajiban kepada keluarga, kewajiban kepada masyarakat, dan kewajiban kepada Agama dan negara. Manusia yang mau memenuhi kewajiban adalah manusia yang berhasil memberi manfaat untuk alam semesta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR