MEMULAI USAHA RIAS PENGANTIN


Bisnis rias pengantin mempunyai peluang yang sangat bagus, pasalnya banyak pasangan calon pengantin selalu menginginkan riasan dan dekorasi yang semakin baik dari waktu ke waktu. Riasan wajah dan dekorasi menjadi hal yang sangat penting bagi pengantin karena momen ini terjadi hanya sekali seumur hidup sehingga segala sesuatunya harus maksimal. Jika anda hobi / senang merias wajah bisnis ini sangat cocok dengan anda. 


Persiapan Awal

untuk memulai bisnis ini, anda harus mempersiapkan beberapa hal dibawah ini :
1. Keterampilan
Keterampilan adalah modal dasar untuk memulai bisnis rias pengantin. untuk menguasai keterampilan merias anda harus menyukai dulu hal yang anda lakukan, kemudian anda melangkah dengan cara mengikuti kursus rias wajah atau magang dengan perias Yang senior dan anda anggap profesional dan bagus. Untuk menguasai keterampilan ini anda memerlukan waktu 1 - 2 tahun supaya anda menjadi ahli. untuk mempercepat proses ini anda harus sering mempraktekkan keahlian ini.

2. Modal 

Modal yang anda perlukan untuk membuka bisnis ini kira - kira 10 juta s/d 25 juta sebagai modal awal / pemula. modal ini akan anda pergunakan untuk :
- membeli make up
- membeli alat rias
- membeli koleksi pakaian pengantin dan segala peralatannya
- membeli dekorasi (alternatifnya bisa sewa / kerjasama dengan teman)
- mobil angkut (bisa sewa / kerjasama dengan teman)
- rak / lemari khusus penyimpanan
- gaji karyawan (bisa share bagi hasil dengan rekan anda) 

Jika usaha sudah jalan / berkembangan maka hasilnya dapat anda investasikan untuk melengkapi perlengkapan dekorasi / koleksi baju pengantin.

3. Sistem Marketing / pemasaran

Untuk mempromosikan bisnis anda, pertama kali bisa anda promosikan lewat saudara / teman / tetangga anda supaya mereka melihat hasil rias yang anda lakukan. dari situ orang akan mengenal keahlian dan bisnis anda. kemudian orang akan mempercayai keahlian anda.

Selain itu, anda dapat memasang papan nama di depan rumah, cetak kartu nama kemudian anda bagikan ke teman / tetangga / kerabat supaya dibantu untuk promosi.

Cara lain untuk promosi adalah lewat online : facebook, blackberry, blog atau bahkan website. cara ini akan sangat membantu anda menjangkau wilayah yang lebih luas.

4. Hambatan

Bisnis rias pengantin ini adalah bisnis musiman yaitu saat musim pernikahan saja sehingga tidak bisa dijadikan binsis utama. pasalnya dalam satu tahun anda hanya dapat menjalankan bisnis ini selama beberapa bulan saja (4 bulan) sedangkan 8 bulan lainnya tidak dapat dijalankan. oleh karena itu anda harus jeli memanfaatkan waktu senggang tersebut dengan membuka jasa sewa pakaian dan jasa rias wajah untuk acara kartini, wisuda, karnaval atau acara lainnya diluar pernikahan. dengan begitu bisnis anda tetap berjalan / produktiv. 

Jika keempat hal diatas sudah anda persiapkan segera mulai untuk menjalankan bisnis anda supaya anda segera merasakan hasilnya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR