MEDIA SOSIAL SEBAGAI AJANG PAMER

Media sosial telah bergeser fungsi menjadi ajang pamer? benarkah fenomena tersebut?
dengan adanya media sosial memudahkan kita untuk saling memberikan informasi dan saling menyapa antar teman / saudara. akan tetapi sekarang ini lebih banyak orang memanfaatkan media sosial tersebut sebagai ajang pamer.

1. Pamer wajah
sebagian pengguna media sosial menampilkan wajah mereka di profil. keharusan untuk menampilkan wajah tersebut, pengguna sosmed akan berlomba menampilkan foto terbaiknya dengan berbagai pose / gaya.

Apalagi sekarang banyak Hp dengan fitur yang beranekaragam dan menghasilkan kualitas foto / gambar yang sangat bagus sesuai dengan keinginan pengguna. ada juga fasilitas edit foto untuk membuat foto yang terlihat kusam menjadi lebih cerah, muka yang berjerawat menjadi bersih berseri. tentu hal ini menjadi fenomena yang sangat menakjubkan bagi pengguna sosmed yang hobi upload foto.

tapi perlu diingat sobat sekalian, jika memang sobat sekalian hobi upload foto tidak masalah tapi tolonglah bijak dalam mengupload, jangan dikit - dikit upload dan jangan berlebihan karena disimpang yang melihat merasa tidak nyaman anda sendiri juga akan tidak nyaman. waktu anda akan habis untuk memikirkan foto anda sementara anda harus bekerja / berkumpul dengan keluarga. jangan sampai dengan sosial media tersebut anda menjadi jauh dengan orang - orang yang sudah dekat dengan anda.

2. Pamer kebahagiaan
pamer kebahagiaan ini juga sering kita lihat lewat status yang ditulis di media sosial (facebook, blackbery, twitter atau yang lainnya).
Dengan pamer kebahagiaan apa yang anda dapatkan? tentunya agar orang lain tahu bahwa hidup anda sangat bahagia. itu artinya anda pamer bukan? apakah anda tahu, saat anda menulis status kebahagiaan tersebut ada teman anda yang sedang susah / dilanda musibah?

misalnya : anda pasang foto anak anda, kemudian anda menulis status seperti ini "anak gue gantheng banget ya...bahagia rasanya punya anak gantheng" padahal teman anda juga punya anak seumuranmu, akan tetapi kebetulan anak teman anda tersebut cacat secara fisik. mungkin anda memang tidak sengaja untuk menyakiti hati teman anda atau bahkan anda tidak tahu kondisi teman anda. saran saya, Jangan menulis status jika tujuan anda untuk pamer karena bagaimanapun pamer dilarang oleh agama.

3. Pamer Harta / Uang
Sering kita melihat para pengguna sosial foto - foto memakai mobil mewah, rumah mewah, jam tangan mewah, tas mewah, makan direstoran mahal, tidur di hotel mewah, dan bahkan jalan - jalan keluar negri.

Tujuan semua itu adalah agar orang lain mengakui status sosial anda. anda ingin menunjukkan kalau anda adalah orang kelas atas.

Tapi ada juga yang memang tujuannya untuk bisnis supaya dirinya lebih dipercaya oleh rekan bisnis. jika itu tujuannya tidak menjadi masalah, karena tujuannya positif. tapi jika tujuannya untuk merendahkan orang lain, jelas - jelas hal itu tidak baik.

Saat anda memamerkan kemewahan hidup anda, ingatlah ada sebagian teman anda yang serba kekurangan hidupnya. anda boleh memperlihatkan kemewahan hidup anda kepada orang yang selevel dengan dengan anda supaya anda tidak diremehkan.
akan tetapi menunjukkan kemewahan hidup di media sosial kurang tepat karena pengguna sosial terdiri dari berbagai kalangan (bawah sampai atas) sehingga lebih bijaksana adalah pilhan yang terbaik supaya anda tidak tergolong dalam orang - orang yang sombong.

Memang boleh - boleh saja anda mengekspresikan diri anda lewat media sosial karena memang media sosial bebas digunakan oleh penggunanya. akan tetapi sebagai manusia yang termasuk sebagai makhluk sosial harus bisa menghargai dan menghormati orang lain.

Jika media sosial anda gunakan dengan maksud baik, tentunya akan memberikan manfaat kepada orang lain dan "sebaik - baik manusia adalah manusia yang memberi manfaat untuk orang lain".

Perlu juga anda tanyakan kepada diri anda sendiri ; apa tujuan anda mengupload foto / menulis status di media sosial yang anda miliki?

apakah tindakan anda memberikan manfaat untuk diri anda?
apakah tindakan anda memberikan manfaat untuk orang lain?
Jika tidak ada manfaatnya berarti anda termasuk orang yang merugi karena melakukan segala sesuatu yang sia - sia. melakukan sesuatu yang sia - sia adalah perbuatan syetan. Naudzubillah mindzalik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

KARIR BUNGA CITRA LESTARI (BCL) YANG SEMAKIN MELAJU PESAT DAN SEMAKIN BERSINAR