CARA MENGAJUKAN KREDIT DIBANK

**(Foto diambil saat masih menjadi account Officer di Bank BUMN Indonesia)

Apa itu kredit Modal Kerja?
Kredit Modal kerja adalah kredit yang diberikan oleh Bank dengan Tujuan untuk menambah persediaan dan mengganti modal yang menjadi piutang. intinya kredit modal kerja digunakan untuk menambah modal usaha. jangka waktunya biasanya pendek yaitu 1 s/d 3 tahun.

Apa Bedanya dengan Kredit Investasi?
Kredit investasi adalah kredit yang diberikan untuk tujuan investasi misalnya : pembiayaan untuk ruko, pembiayaan untuk kendaraan usaha dan biasanya kredit investasi bersifat jangka panjang 5 s/d 10 tahun.


Bagaimana cara mengajukan kredit modal kerja di Bank?

langkah pertama adalah datang langsung ke Bank untuk meminta informasi tentang persyaratan yang harus dilengkapi. persyaratan tersebut meliputi :
1. Lama usaha minimal 3 tahun berjalan
2. Surat Ijin Usaha meliputi SIUP, TDP, IMB, NPWP
3. Fotokopi KTP Suami Istri (Jika Sudah menikah)
4. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
5. Fotokopi Surat Nikah
6. Fotokopi surat jaminan (sertifikat, BPKB Mobil / Motor)
6. Syarat pendukung lainnya (Rekening telpon, Rekening Listrik)


Setelah persyaratan anda lengkapi, silahkan datang ke bank untuk menemui petugas Administrasi Kredit atau langsung menemui Petugas lapangan yang menganalisa (Account Officer / AO). Setelah bertemu dengan petugas kredit, bautlah janji untuk pertemuan selanjutnya untuk survei usaha secara langsung.



Apa yang harus di Siapkan jika mau di survei?

Tidak ada persiapan khusus saat di survei oleh petugas survei, biasanya mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar bisnis anda. pertanyaan tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk menganalisa kredit yang anda ajukan. apakah usaha anda layak diberikan kredit atau belum.


Analis kredit biasanya menilai nasabah dengan prinsip 5C yaitu :

1. Caracter (karakter calon nasabah dan karakter bisnis)
Analis akan menyimpulkan karakter anda setelah analis melakukan wawancara dengan anda, dengan kerabat anda, tetangga anda bahkan rekan kerja anda. karakter anda ini sangat penting bagi analis untuk analisanya. yang dicari adalah karakter yang jujur, bertanggung jawab, dan kooperatif.
Selain karakter pribadi, analis kredit juga akan menilai karakter bisnis anda. karakter bisnis ini meliputi : resiko bisnis, suplier, buyer / konsumen dan juga termasuk dalam bisnis yang dilarang untuk dibiayai / tidak. bisnis yang dilarang untuk dibiayai meliputi : bisnis narkoba, bisnis prostitusi, dan bisnis barang - barang ilegal.


2. Capital (Modal)

Analis kredit juga akan melihat jumlah modal yang anda miliki baik aktivasi lancar : uang cash, persediaan dan piutang anda. maupun aktiva tetap : tanah, bangunan, dan mesin - mesin.
angka yang ideal kredit dibanding modal adalah 40 : 60 artinya bahwa jumlah modal yang anda miliki harus lebih besar dari jumlah kredit yang akan anda ajuka. dari modal ini, akan diketahui kemampuan finansial anda jika sewaktu - waktu bisnis anda mengalami penurunan.


3. Capacity (Kemampuan Bayar)

Analis juga akan menganilisa kemampuan bayar anda melalui bisnis yang akan dibiayai. maka dari itu analis kredit akan meminta laporan keuangan bisnis anda (laporan persedian, laporan laba Rugi dan laporan perputaran kas). Jika bisnis anda masih bisnis kecil, tentunya belum mempunyai laporan keuangan secara terperinci seperti diatas, oleh karena itu analis akan memberikan pertanyaan - pertanyaan seputar bisnis anda :
a. Berapa omset anda / Bulan atau / Hari?
b. Berapa Total persediaan anda?
c. Berapa Total piutang anda?
d. Berapa Total Hutang anda?
e. Pengeluaran - pengeluaran yang anda keluarkan tiap bulan?
f. Apa Saja pemasukan tambahan diluar bisnis anda?
g. Biaya Operasional bisnis anda / bulan?
dll


4. Collateral (Jaminan)

Analis juga akan menilai jaminan anda. Jaminan anda nilainya minimal 120% dari Hutang anda. Jika anda mengajukan kredit 100juta jaminan anda harus bernilai minimal 120 juta. nilai jaminan lebih besar dari 120% itu akan lebih baik.


5. Constrain (Kendala)

kendalayang dimaksud disini adalah kendala bisnis anda yang sering anda alami tiap tahun. Kendala ini bersifat menghambat perkembangan bisnis anda. Ceritakanlah dengan jujur kepada analis kredit supaya mereka dapat menghasilkan analisa dan keputusan yang tepat untuk kredit anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU INDIA PALING ROMANTIS (OST RANVEER DAN ISHANI)

SINETRON SCTV INDIA HAMARI ADHURI KAHANI LIRIK DAN ARTINYA

BUKU FILOSOFI JAWA : "URIP IKU URUP"